Tuesday, July 14, 2020

Bukan Honda Atau Yamaha, Inilah Sepeda Motor Yang Pertama Masuk di Indonesia

Sepeda motor adalah salah satu kendaraan yang populer dan menjadi pilihan masyarakat. Namun tahukah Anda sebelum muncul Honda, Yamaha, Suzuki, Ducati dan lainnya dibutuhkan penelitian dan percobaan untuk menghasilkan Sepeda Motor yang seperti sekarang ini. Penemuan sepeda motor di awali pada tahun 1865.
Orang pertama yang berhasil merakit sepeda motor adalah Gottlieb Damlier dan rekannya Wilhelm Maybach. Pada saat itu, body motor masih menggunakan kayu, mesin diletakan di tengah dan sudah menggunakan bensin. Motor pertama di dunia ini diberi nama Reitwagen, diambil dari bahasa Jerman yang artinya Mobil Tunggangan. Berikut penampakan dari Reitwagen

Reitwagen dan Ridernya

 Reitwagen
Oke dari tahun 1865 - 2020 pasti sudah banyak dihasilkan berbagai produk sepeda motor. Nah sekarang kira-kira seperti apa Sepeda Motor Yang Pertama Masuk di Indonesia. Menurut catatan sejarah Probolinggo sepeda motor telah hadir di Indonesia sejak tahun 1893 pada massa penjajahan Hindia Timur (Belanda). Motor tersebut dibawa oleh John C Potter orang Inggris yang menjadi masinis pertama yang bekerja di pabrik gula Oemboel Probolinggo.
Potter memesan kendaraan tersebut langsung di pabriknya, Hildebrand und Wolfmuller, di Munchen, Jerman. Kendaraan ini tiba di Pelabuhan Semarang pada 1893. Sepeda motor buatan Hildebrand und Wolfmuller itu menggendong mesin berkonfigurasi dua silinder, empat tak, dengan kapasitas mesin 1.489 cc.
Hildebrand und Wolfmuller
Hildebrand und Wolfmuller

0 comments:

Post a Comment