MUSIC-WALLPAPPER

Google Search

Loading

Memperbaiki Kerusakan Pada Monitor Samsung SyncMaster 540N


Keluhan untuk monitor Samsung SyncMaster 540n adalah tampilan pada monitor samsung memakan waktu yang cukup lama, kadang harus menunggu tampilan sekitar 15 menit bahkan sampai setengah jam. Hal seperti ini juga pernah terjadi pada monitor Samsung SyncMaster 540N punyaku. Tadinya aq dah mau putus asa wah monitor ku sudah harus di bawa ke tukang servise soalnya nunggu tampilan layarnya lama banget dah lebih dari setengah jam hm hm hm.
Tapi sebelum dibawa ke tukang servise aq iseng-iseng tanya ma Mbah Google…ternyata eh ternyata aq sebuah titik terang. Aq menemukan sebuah artikel yang bisa mengatasi masalah Ku (http://pcmediks.blogspot.com/2010/09/samsung-syncmaster-540n-with-power-but.html). Setelah ku baca artikel tersebut langsung aja aku nekat nge-bongkar monitor SyncMaster 540N ku. And ternyata sukses Monitor ku pun sehat kembali. Jika Anda mengalami hal yang sama dengan ku dan berminat untuk mencoba memperbaiki sendiri monitor Samsung SyncMaster 540N ikuti langkah-langkah yang aku dapatkan dari PC Medik .
1) Langkah Pertama, Anda perlu untuk melepas kabel listrik, kabel sinyal dan penyangga. Untuk melepas penyangga Anda akan perlu membuka 3 sekrup, yang dilingkari dengan warna merah (lihat gambar).
2) Lepaskan penutup/casing plastik, untuk membuka penutup Anda akan perlu menggunakan obeng Min ( - ). Di setiap sisi terdapat beberapa pengunci, Anda bisa menggunakan obeng min dengan cara memasukkan/menyusupkan obeng ke dalam celah dan kemudian mencongkel pengunci tersebut secara perlahan (hati-hati).
3) Setelah casing plastik dilepas. Anda kemudian perlu untuk mencabut panel kontrol dan 2 konektor backlight (Lihat pada gambar dilingkari dengan warna merah). Kabel terakhir untuk melepaskan adalah kabel sinyal panel lihat gambar yang dilingkari dengan warna biru (caranya dengan sedikit menggangkat logam penutup karena berada di bawahnya). Setelah semua terlepas anda bisa mengangkat logam penutup (lakukan pelan-pelan).
4) Setelah anda mengangkat penutup logam maka akan tampak gambar seperti di atas, lepas papan yang akan diperbaiki. Untuk melepas papan yang Anda butuhkan untuk membuka 3 sekrup yang dilingkari merah dan selanjutnya lepas juga kabel yang dilngkari dengan warna biru.
5) Setelah terlepas semua angkat papan tersebut lalu balik seperti pada gambar terlihat biasanya kerusakan terletak pada kapasitornya yang dilingkari dengan warna kuning (perhatikan dengan seksama puncak kapasitor tampak mengembung) untuk mempebaikinya anda cukup mengganti kapasitor tersebut. Ganti dengan kapasitor yang sesuai ukurannya biasanya adalah dengan ukuran 1000 mikroFarad 10 Volt (lebih tepatnya lihat angka yang tertera pada kapasitor tersebut). Harga kapasitor tersebut cukup murah saya beli dengan harga Rp 750,00/biji.

Silakan Mencoba jika anda mengalami permasalahan yang serupa he he lumayan ngirit kok ga nyampe 2000 ribu monitor dah sehat lagi. (He he ane dah Nyoba Tu Liat aja Muka ane lagi Manyun di Depan Kamera....he he he)
Sumber http://pcmediks.blogspot.com/2010/09/samsung-syncmaster-540n-with-power-but.html
6 Komentar untuk "Memperbaiki Kerusakan Pada Monitor Samsung SyncMaster 540N"

wih manteb sob, saya belum pernah bongkar monitor.
Soalnya ga punya PC juag :hammer:

Siiip monitorku juga gitu,aku bongkar ternyata memang ada 2 kapasitor yg melembung,saat aku nulis ini baru mau ku ganti sih,mudah2 an berhasil.....

thx ilmunya ya bos>>>>mantablah

klo warna kurang cerah gmn gan...bbrrr...:D

butuh panel lcdnya saja ada nggak??

Back To Top