MUSIC-WALLPAPPER

Google Search

Loading

Sekilas tentang KURIKULUM 2013

Perbaikan demi perbaikan dilakukan untuk mencetak Generasi Penerus Bangsa yang benar-benar kompeten dan mampu untuk membawa Negara Indonesia menjadi lebih baik. Salah satunya adalah jalur yang paling penting dari segi apapun yaitu Bidang Pendidikan karena ini merupakan dasar dari semua bidang. Sekolah/Madrasah merupakan tempat di mana pendidikan itu dijejalkan ke dalam diri manusia, banyak ilmu yang terkandung di dalamnya (tinggal bagaimana si penerima ilmu tersebut memanfaatkannya " Apakah untuk kebaikan atau keburukan" - Hem Sejatinya Sie untuk kebaikan, namun ada beberapa yang Menyimpang - /Don't Try This At Home/ ). Langsung saja Ke TKP.

Apakah pengertian KURIKULUM 2013?
Sebagian Sekolah/Madrasah di Indonesia sudah ada yang menerapkan Kurikulum 2013, dan rencana tahun pelajaran 2014/2015 semua penyelengara pendidikan (Sekolah/Madrasah) wajib bertransformasi / berevolusi menuju ke Kurikulum 2013. Sebelumnya di Indonesia sudah banyak terjadi perubahan kurikulum mulai ketika saya masih sekolah itu ada yang namanya Kurikulum 1994, KBK, dan KTSP. Perubahan-perubahan ini terjadi sebagai usaha untuk memperbaiki kegiatan belajar-mengajar.
Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan isi pelajaran, bahan kajian, dan cara penyampaian serta penilaiannya yang digunakan sebagai pedoman  penyelenggaraan kegiatan belajar-mengajar.
Pengembangan Kurikulum 2013 dilakukan dalam empat tahap. Pertama, penyusunan kurikulum di lingkungan internal Kemdikbud dengan melibatkan sejumlah pakar dari berbagai disiplin ilmu dan praktisi pendidikan. Kedua, pemaparan desain Kurikulum 2013 di depan Wakil Presiden selaku Ketua Komite Pendidikan yang telah dilaksanakan pada 13 November 2012 serta di depan Komisi X DPR RI pada 22 November 2012. Ketiga, pelaksanaan uji publik guna mendapatkan tanggapan dari berbagai elemen masyarakat. Salah satu cara yang ditempuh selain melalui saluran daring (on-line) pada laman http://kurikulum2013.kemdikbud.go.id , juga melalui media massa cetak. Tahap keempat, dilakukan penyempurnaan untuk selanjutnya ditetapkan menjadi Kurikulum 2013.
Inti dari Kurikulum 2013, adalah ada pada upaya penyederhanaan, dan tematik-integratif. Kurikulum 2013 disiapkan untuk mencetak generasi yang siap di dalam menghadapi masa depan. Karena itu kurikulum disusun untuk mengantisipasi perkembangan masa depan.
Titik beratnya, bertujuan untuk mendorong peserta didik atau siswa, mampu lebih baik dalam melakukan observasi, bertanya, bernalar, dan mengkomunikasikan (mempresentasikan), apa yang mereka peroleh atau mereka ketahui setelah menerima materi pembelajaran. Adapun obyek yang menjadi pembelajaran dalam penataan dan penyempurnaan kurikulum 2013 menekankan pada fenomena alam, sosial, seni, dan budaya.
Melalui pendekatan itu diharapkan siswa kita memiliki kompetensi sikap, ketrampilan, dan pengetahuan jauh lebih baik. Mereka akan lebih kreatif, inovatif, dan lebih produktif, sehingga nantinya mereka bisa sukses dalam menghadapi berbagai persoalan dan tantangan di zamannya, memasuki masa depan yang lebih baik.
Pelaksanaan penyusunan kurikulum 2013 adalah bagian dari melanjutkan pengembangan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) yang telah dirintis pada tahun 2004 dengan mencakup kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan secara terpadu, sebagaimana amanat UU 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional pada penjelasan pasal 35, di mana kompetensi lulusan merupakan kualifikasi kemampuan lulusan yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan sesuai dengan standar nasional yang telah disepakati.

To Be Continued . . . . 

1 Komentar untuk "Sekilas tentang KURIKULUM 2013"

kurikulum yang baru kayaknya memberatkan ya bang :D

Back To Top