MUSIC-WALLPAPPER

Google Search

Loading

Kisi-Kisi Ujian Nasional 2013

Masihkah Ujian Nasional menjadi momok menakutkan bagi para siswa yang ada di Indonesia, mungkin sebagian ada yang menganggap sebagai hal yang menakutkan tetapi di sebagian pihak ada yang menganggap sebagai sebuah tantangan. Para tenga pengajar harus bisa memotivasi para anak didiknya agar tetap optimis. Perasaan optimis ini perlu dikembangkan dan rubahlah paradigma bahwa Ujian Nasional itu menakutkan dan menegangkan. Kenapa sih perlu ada Ujian Nasional??? Sebelum menjawab pertanyaan itu mari kita kenal lebih dekat dulu apa itu Ujian Nasional.
Ujian Nasional biasa disingkat UN / UNAS adalah sistem evaluasi standar pendidikan dasar dan menengah secara nasional dan persamaan mutu tingkat pendidikan antar daerah yang dilakukan oleh Pusat Penilaian Pendidikan, Depdiknas di Indonesia berdasarkan Undang-Undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 menyatakan bahwa dalam rangka pengendalian mutu pendidikan secara nasional dilakukan evaluasi sebagai bentuk akuntabilitas penyelenggara pendidikan kepada pihak-pihak yang berkepentingan. (Sumber : wikipedia).
Tujuan atau manfaat dari Ujian Nasional itu sendiri adalah sebagai acuan penilaian secara nasional terhadap hasil belajar siswa yang telah mengikuti pembelajaran selama proses pembelajaran. Jadi secara garis besar Ujian Nasional dimaksudkan sebatas ritual tes semata, namun memiliki standar penilaian dan standar bahan ajar secara nasional. Nah sekarang apa perlu ditakutkan karena ini sebenarnya tidak jauh beda dengan ulangan-ulangan yang biasa dihadapi siswa. Dan untuk sekarang ini soal-soal tergambar jelas dalam GPS siswa eits maksunya Radar Siswa (mau perang kali pake radar segala). Maksudnya di sini adalah sudah terdapat alur yang jelas tentang soal-soal yang bakalan keluar di Ujian Nasional 2013. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan  melalui Badan Standar Nasional Pendidikan  atau BSNP sudah merilis KISI-KISI UJIAN NASIONAL 2012 (Download Di Sini).
Berikut Kisi-Kisi Ujian Nasional 2013 untuk Mapel IPA
4. ILMU PENGETAHUAN ALAM SMP/MTs

No
Kompetensi
Indikator
1
Melakukan pengukuran dasar secara teliti dengan menggunakan alat ukur yang sesuai dan sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari.
Menentukan besaran pokok, besaran turunan dan
satuannya atau penggunaan alat ukur dalam
kehidupan sehari-hari.
2
Menerapkan konsep zat dan kalor serta kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari.
Menentukan sifat-sifat zat berdasarkan wujudnya
atau penerapan dalam kehidupan sehari-hari.
Menentukan konversi suhu pada termometer.
Menentukan besaran kalor dalam proses perubahan suhu atau penerapan perubahan wujud zat dalam kehidupan sehari-hari.
3
Mendeskripsikan dasar-dasar mekanika (gerak, gaya, usaha, dan
energi) serta penerapan konsep
tekanan dalam kehidupan sehari-hari.
Menentukan jenis gerak lurus atau penerapan hukum Newton dalam kehidupan sehari-hari.
Menentukan besaran fisis pada usaha atau energi
Menentukan penerapan pesawat sederhana dalam
kehidupan sehari-hari.
Menentukan besaran fisis yang terkait dengan
tekanan pada suatu zat.
4
Memahami konsep-konsep dan penerapan, getaran, gelombang,
bunyi, dan optik dalam produk
teknologi sehari-hari.
Menentukan besaran fisis pada getaran atau
gelombang.
Menjelaskan sifat bunyi atau penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
Menentukan sifat cahaya, besaran-besaran yang berhubungan dengan cermin/lensa atau penerapan alat optik dalam kehidupan sehari-hari.
5
Memahami konsep kelistrikan dan kemagnetan serta penerapannya
dalam kehidupan sehari-hari.
Menjelaskan gejala listrik statis dalam penerapan
kehidupan sehari-hari.
Menentukan besaran-besaran listrik dinamis dalam suatu rangkaian (seri/paralel, Hukum Ohm atau Hukum Kirchhoff) serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
Menentukan besaran fisis energi atau daya listrik
dalam kehidupan sehari-hari.
Menjelaskan cara pembuatan magnet dan kutub-kutub yang dihasilkan.
Menjelaskan peristiwa induksi elektromagnetik atau penerapannya pada transformator.
6
Memahami sistem tata surya dan
proses yang terjadi didalamnya.
Menjelaskan ciri-ciri anggota tata surya atau
peredaran bumi-bulan terhadap matahari.
7
Mendeskripsikan konsep atom, ion
dan molekul dihubungkan dengan
produk kimia sehari-hari.
Mendeskripsikan atom, ion, dan molekul serta
hubungannya dengan produk kimia sehari-hari.
8
Memahami klasifikasi zat serta perubahannya.
Mendeskripsikan larutan asam, basa, atau garam.
Mendeskripsikan unsur, senyawa dan campuran
termasuk rumus kimia
Mendeskripsikan sifat kimia atau fisika zat tertentu serta perubahannya.
9
Mendeskripsikan pemakaian bahan
kimia tertentu dalam kehidupan
sehari-hari.
Mendeskripsikan bahan kimia tertentu yang terdapat dalam beberapa produk kimia.
Mendeskripsikan bahan kimia adiktif dan obat
psikotropika serta cara menghindarinya.
10
Mendeskripsikan ciri-ciri dan keanekaragaman makhluk hidup, serta pentingnya pelestarian makhluk hidup dalam kehidupan.
Mengidentifikasi ciri-ciri makhluk hidup.
Mengelompokkan makhluk hidup berdasarkan cirri-cirinya.
11
Mendeskripsikan komponen
ekosistem, interaksi antar makhluk
hidup dalam lingkungan, serta peran manusia dalam pengelolaan
lingkungan.
Menjelaskan interaksi antar makhluk hidup dalam ekosistem.
Menjelaskan usaha manusia untuk mengatasi
pencemaran/kerusakan lingkungan.
Menjelaskan hubungan antara kepadatan populasi manusia dengan kualitas lingkungan berdasarkan hasil pengamatan/kasus.
12
Menjelaskan sistem organ pada
manusia
Menjelaskan sistem gerak pada manusia dan
penyakit yang berhubungan dengannya.
Menjelaskan sistem pencernaan manusia dan enzim-enzim yang berperan pada proses pencernaan
Menjelaskan sistem pernapasan pada manusia dan penyakit yang berhubungan dengannya.
Menjelaskan sistem peredaran darah pada manusia dan penyakit yang berhubungan dengannya.
Menjelaskan sistem ekskresi dan reproduksi pada manusia dan penyakit yang berhubungan dengannya.
Menjelaskan sistem saraf dan alat indera pada
manusia.
13
Menjelaskan sistem organ dalam
kehidupan tumbuhan
Menjelaskan struktur dan fungsi jaringan (organ)
pada tumbuhan.
Menjelaskan cara beradaptasi (respon) tumbuhan
terhadap pengaruh lingkungan luar.
Menjelaskan proses fotosintesis melalui percobaan-percobaan tentang proses tersebut.
14
Mengaplikasikan konsep
pertumbuhan dan perkembangan,
kelangsungan hidup dan pewarisan
sifat pada organisme serta kaitannya
dengan lingkungan, teknologi dan
masyarakat.
Memberi contoh adaptasi makhluk hidup dan seleksi alam dalam kelangsungan hidup makhluk hidup.
Menginterpretasi proses persilangan berdasarkan
hukum Mendel.
Menjelaskan pemanfaatan bioteknologi untuk
kehidupan manusia.
  

KLIK DISINI UNTUK DOWLOAD KISI-KISI UJIAN NASIONAL 2013 LENGKAP (SMP/MTS,SMA/SMK/MAN)
KISI UJIAN NASIONAL 2013 (SD/MI)
Dengan adanya KISI-KISI ini, dapat membantu dalam belajar setidaknya kita bisa memilah-milah mana materi yang harus kita pelajari lebih dalam. Kalo sudah masihkah Anda berfikir bahwa Ujian Nasional itu menakutkan?. Tentu tidak, hal ini sebenarnya biasa dan janganlah terlalu didramatisir sehingga memunculkan paradigma menegangkan. Namun, jangan pula meremehkan Ujian Nasional. And Selamat Belajar.
2 Komentar untuk "Kisi-Kisi Ujian Nasional 2013"

bagaimana menurut anda tentang tulisan saya terkait UN ini?http://blog.umy.ac.id/rhilla/2011/01/12/kekurangan-sistem-pendidikan-terkait-dengan-ujian-nasional/

Thx U informasinya.

Back To Top