MUSIC-WALLPAPPER

Google Search

Loading

Tradisi Mudik

Salam persahabatan buat Blogger semuannya . . .lama nih ga update postingan. . .tak terasa ya sebentar lagi dah mau lebaran . . .Minal Aidzin Wal Faidzin Yaa. . .Mohon Maaf Lahir Batin
Ngomong-ngomong Lebaran pasti banyak Saudara dan Temen-temen Anda yang pulang kampung??? Yups ...saya yakin banyak sekali . . .Iltulah suatu Tradisi atau Kegiatan  Tahunan yang dilakukan oleh mereka yang bekerja di luar Kota atau di luar kampung halamannya masing-masing istilah itu lebih dikenal dengan sebutan  MUDIK.
MUDIK adalah kegiatan yang dilakukan oleh perantau atau pekerja migran untuk kembali ke kampung halamannya. Mudik di negara kita Tercinta "Indonesia" lebih identik dengan tradisi tahunan yang terjadi menjelang hari raya besar keagamaan misalnya menjelang Lebaran. Pada saat itulah ada kesempatan untuk berkumpul dengan sanak saudara yang tersebar di perantauan, selain tentunya juga menjenguk orang tua.
Adapun beberapa sarana transportasi yang lazim atau sering digunakan di Indonesia antara lain Sepeda Motor, Kereta Api, Bus, Kapal, Pesawat dan lain sebagainya. 

Apakah MUDIK juga terjadi di Negara Lain?
Ternyata jawabannya Iya . . . .
Di Jepang juga mengenal Tradisi Mudik seperti di Indonesia yaitu ketika menyambut perayaan FESTIVAL OBON (Festival Obon dimaksudkan untuk menghormati arwah keluarga yang meninggal.). Kebanyakan perusahaan di Jepang memberikan CUTI bagi karyawannya.
Di Cina juga mengenal tradisi mudik biasanya terjadi pada saat perayaan Imlek. Imlek merupakan tradisi yang dilakukan sejak ribuan tahun lalu oleh bangsa Tionghoa. Sebagaimana Lebaran di Indonesia, orang-orang Tionghoa juga melakukan mudik saat Imlek. Saat ditinggal penduduknya mudik, kota-kota utama seperti Beijing, Guangzhaou, Shenzen, sepi dari aktivitas. Mirip Jakarta di hari Lebaran.
Di Amerika juga ada fenomena mudik yang cukup heboh, yaitu di masa-masa Thanksgiving Day. Secara tradisional, keluarga-keluarga di Amerika masih menganut yang mereka sebut dengan “American value” atau “American culture” salah satunya adalah perayaan Thanksgiving Day. Thanksgiving Day dimaksudkan untuk mengucap syukur (sesuai namanya) atas panen yang baik di tahun itu. Thanksgiving biasa jatuh di bulan Oktober. Perayaan ini terutama di Amerika dan Kanada


Yups cukup sekian dulu kurang lebihnya Minta Maaf . . . .Buat Anda semua yang akan melakukan perjalanan MUDIK LEBARAN hati-hati Di Jalan . . .Bagi Anda yang mengendarai kendaraan Pribadi . . Satu pesan Penting bagi Anda semua "Kalau Anda Capek atau Ngantuk. . .istirahatlah. . .baru kemudian dilanjutkan Perjalanan Mudiknya" . . . .

SELAMAT ULANG TAHUN  YANG KE 67 BUAT NEGARA KU INDONESIA YANG TERCINTA

2 Komentar untuk "Tradisi Mudik"

. . aq pengen mudik,, tapi gak punya desa. huhh . .

@♥VPie◥♀◤MahaDhifa♥ :He he bisa aja si Mbak . . .

Back To Top