MUSIC-WALLPAPPER

Google Search

Loading

Menuliskan Rumus di Blog

Ternyata untuk menuliskan rumus-rumus (matematika,fisika,dll) di blog ternyata ada caranya tersendiri (he he maklum pemula). Dulu saya memasukkan rumus ke dalam blog menggunakan snipping tool, dengan alat ini saya mengubah rumus-rumus menjadi gambar (jpg.) namun kalo di pikir-pikir cukup melelahkan juga karena mesti menguplod banyak gambar mending kalo koneksi internetnya supercepat.
Kalo di ms word anda bisa menggunakan equation tool yaitu suatu alat yang biasa di gunakan untuk menuliskan rumus-rumus. Untuk blog yang beraliran wordpress kayaknya sudah ada aplikasinya untuk menuliskan rumus namun untuk yang beraliran blogspot (kaya ane) kayaknya belum ada di fitur blogspotnya sendiri. Nah bagi anda yang beraliran blogspot nih dia solusinya.
Langkah pertama buka http://www.codecogs.com/latex/eqneditor.php di halaman bworser baru, maka anda akan mendapati halaman seperti berikut.

Langkah penulisan rumusnya mirip dengan equation tool yang ada pada ms word. Tuliskan rumus yang anda inginkan pada kotak yang bertuliskan "Type your equation in this box" (Lihat lingkaran warna merah).
Ketika anda menuliskan rumus tersebut akan muncul preview -nya (lihat lingkaran warna biru). Setelah selesei copy kode HTML (lihat lingkaran warna hitam). Setelah anda mendapatkan kode HTML-nya selanjutnya pastekan kode tersebut di blog anda (Posting > New Post). Pastekan pada halaman Edit HTML bukan Compose.
Berikut Hasil dari penulisan rumus tersebut.



Selamat mencoba
2 Komentar untuk "Menuliskan Rumus di Blog"

nice share sob.
tapi saya belum pernah nulis artikel berisi rumus-rumus gitu.he...

Back To Top