MUSIC-WALLPAPPER

Google Search

Loading

Validitas & Reliabilitas Instrumen Penelitian

Dalam penelitian diperlukan instrumen-instrumen penelitian yang telah memenuhi persyaratan tertentu. Persyaratan yang harus dipenuhi oleh suatu instrumen penelitian minimal ada dua macam yaitu validitas dan reliabilitas.
1) Validitas Instrumen
Validitas instrumen menunjukkan bahwa hasil dari suatu pengukuran menggambarkan segi atau aspek yang diukur.
Beberapa karakteristik dari validitas adalah 1) validitas sebenarnya menunjuk kepada hasil dari penggunaan instrumen tersebut bukan pada instrumennya. Suatu instrumen dikatakan valid atau memiliki validitas bila instrumen tersebut benar-benar mengukur aspek atau segi yang diukur. 2) validitas menunjukkan suatu derajad atau tingkatan, validitasnya tinggi, sedang atau rendah, bukan valid atau tidak valid. 3) validitas instrumen juga memiliki spesifikasi yang tidak berlaku umum.
Ada beberapa macam validitas, yaitu validitas isi, konstruk, dan kriteria.

2) Reliabilitas Instrumen
Reliabilitas berkenaan dengan tingkat keajegan atau ketetapan hasil pengukuran. Suatu tes dapat dikatakan mempunyai taraf kepercayaan yang tinggi jika tes tersebut dapat memberikan hasil yang tetap. Suatu instrumen memiliki tingkat reliabilitas yang memadai, bila instrumen tersebut digunakan mengukur aspek yang diukur beberapa kali hasilnya sama atau relatif sama. Minimal ada dua metode untuk menguji reliabilitas suatu instrumen, pertama metode Tes - Retes, dan kedua metode Paruh. Dalam metode Tes - Retes pengujian (uji coba) dilakukan dua atau tiga kali terhadap sampel yang sama. Hasilnya dihitung dengan uji korelasi menggunakan rumus Product Moment dari Pearson. Bila korelasi atau r-nya signifikan maka instrumen tersebut memiliki reliabilitas yang memadai dan bisa digunakan untuk pengukuran selanjutnya. Dalam metode Paruh, Pengukuran uji coba hanya dilakukan satu kali, skor dari nomor-nomor butir pernyataan (soal) ganjil dikorelasikan dengan skor dari butir-butir soal genap. Penafsirannya sama dengan Tes - Retes.
0 Komentar untuk "Validitas & Reliabilitas Instrumen Penelitian"

Back To Top