MUSIC-WALLPAPPER

Google Search

Loading

Ospek Universitas Muhammadiyah Purworejo 2010

Menjelang tahun ajaran baru, perguruan tinggi menghadapi pekerjaan besar, yaitu menyelenggarakan program pengenalan kampus atau yang sering disebut Ospek (Orientasi Studi dan Pengenalan Kampus).
Kegiatan Ospek dirancang sebagai program pengenalan kampus, program pembinaan mahasiswa baru dan pengenalan wadah serta aktivitas lembaga kemahasiswaan. Kalau secara teori seperti itu tapi pada prakteknya kadang ada yang bertolak belakang. Ospek kadang jadi ajang perploncoan Mahasiswa Baru oleh Seniornya bahkan ada yang sampai  mengakibatkan korban (Hal seperti tidak akan pernah terjadi di UMP).
Ospek bertujuan membina mahasiswa baru agar mampu mengikuti kehidupan kampus. Hal ini perlu dilakukan karena Mahasiswa baru sebagian besar merupakan siswa SMA yang baru saja lulus. Mereka dibesarkan dengan budaya akademik ala SMA, yang kebanyakan "disuapi" oleh materi kurikulum dalam buku-buku paket dan LKS. Pengenalan budaya akademik kampus bisa dimulai dari regulasi yang berlangsung di kampus. Misalnya, penjelasan mengenai satuan kredit semester (SKS), perencanaan studi, sanksi-sanksi akademis, dan lain-lain. Juga, perlu diperkenalkan siapa yang akan menjadi pengganti wali kelas dalam konteks kampus. Dari sini, mahasiswa baru diajak untuk mencermati tips dan trik belajar efektif, manajemen waktu, dan andai memungkinkan, berikan sekaligus materi tentang membaca buku teks dan menulis paper. Pengenalan budaya akademik tidak semata-mata berkenaan dengan permasalahan studi. Akan tetapi merupakan bimbingan awal untuk mengenal kehidupan kampus. Inilah ajangnya lembaga mahasiswa memperkenalkan diri, sekaligus mempromosikan aktivitasnya. Tentu bukan untuk gagah-gagahan, atau ajang eksis semata. Melainkan guna membuka ruang-ruang alternatif bagi mahasiswa baru dalam mengekspresikan dan mengembangkan potensi dirinya secara positif!Setiap kampus memiliki nilai-nilai tersendiri untuk ditanamkan.
Ajang Ospek semestinya digunakan sebagai awal untuk menanamkan dan memperkenalkan budaya khas dari masing-masing kampus. Jangan lupa, mahasiswa baru akan menghadapi tantangan yang cukup besar dalam kehidupan awal di kampus. Mereka akan berhadapan dengan situasi-situasi yang tidak ditemui di masa SMA. Contoh kecil, menanggalkan budaya berseragam. Pada sebagian besar kampus, mahasiswa berpakaian bebas. "Kebebasan" ini kadang-kadang tidak siap diterima mahasiswa baru. Sehingga, tata cara berbusana pun kerap melanggar budaya kampus. Oleh karena itu dalam kegiatan Ospek kita harus bisa mengarahkan para mahasiswa baru agar tidak melanggar budaya kampus.
Selain beberapa hal di atas pada kegiatan Ospek juga di kenalkan beberapa kegiatan-kegitan mahasiswa kreatif yang dihimpun dalam satu wadah yaitu UKM (info lebih jelas langsung ke Lapangan).
Kegiatan Ospek akan sangat menarik dan menyenangkan jika dilaksanakan dalam semangat kebersamaan penuh kasih, tanpa dikotori oleh ego yang hanya memunculkan kecurigaan-kecurigaan yang tak beralasan.

Berikut daftar tugas untuk hari senin(20 September 2010):
1. Buat kartu Id (lebar 9 cm, tinggi 13 cm)
Contoh kartu Id :
2. Bawa alat tulis manusia salju
3. Bawa buku batik (ukuran kecil)
"Jika melanggar maka akan mendapatkan sanksi tegas tapi tidak kejam yaitu buat artikel tentang Ospek and dikirimkan ke www.zutonx666@gmail.com pada hari itu juga."
Tugas berikutnya menyusul.....semangat semuanya.....and welcome to Universitas Muhammadiyah Purworejo.

Back To HOME
0 Komentar untuk "Ospek Universitas Muhammadiyah Purworejo 2010"

Back To Top