MUSIC-WALLPAPPER

Google Search

Loading

PROFIL AFRIKA SELATAN (TUAN RUMAH)


Pelatih: Carlos Alberto Parreira
Konfederasi: CAF
Rangking FIFA ( Des'09 ): 85
Rekor Penampilan: 2 (1998, 2002)

LATAR BELAKANG

Sebuah gelar Piala Afrika dan dua kali tampil di Piala Dunia telah menunjukkan Afrika Selatan pantas sebagai tim tangguh. Capaian yang telah ditorehkan itu setidaknya juga menjadi bukti yang layak buat Afrika Selatan pasca-diterimanya kembali masuk ke dalam Konfederasi sepakbola Afrika [CAF] dan FIFA di awal dekade 1990-an.
Tim berjuluk Bafana ini memiliki sejumlah pemain yang merumput di berbagai kompetisi bergengsi di Eropa. Mulai dari Liga Primer Inggris hingga klub elite Israel. Selain itu perkembangan Liga Utama Afrika Selatan terus melaju pesat yang menjadi kontributor penting dalam menyumbang pemain ke dalam skuad timnas. Di antara klub-klub tersebut adalah Orlando Pirates, Kaizer Chiefs, Mamelodi Sundowns hingga SuperSport United.

JALAN MENUJU PIALA DUNIA 2010

Sebagai tuan rumah membuat Afrika Selatan berhak lolos secara otomatis ke putaran final Piala Dunia 2010. Penyelenggaraan ini juga menjadikan Afrika Selatan sebagai negara pertama di benua hitam ini yang pernah menyelenggarakan pesta bergengsi empat tahunan ini..

KEKUATAN
Ketrampilan dan kecepatan merupakan anugerah yang dimiliki sejumlah pemain Afrika Selatan. Mereka juga memiliki kepercayaan besar untuk menggiring bola ketika yang lainnya tidak melakukan. Begitu juga dengan modal penting penjaga gawang yang memiliki kualitas tinggi membuat tim ini patut diperhitungkan.

KELEMAHAN
Sisi lainnya, persoalan utama yang dihadapi Bafana justru terletak dalam produktifitas menyarangkan bola ke gawang. Dua laga terakhir memperlihatkan mereka masih mandul dengan hasil imbang tanpa ada gol. Bahkan mereka juga masih terus berusaha keras untuk membuat gol lebih banyak lagi sejak tampil di Piala Konfederasi Juni silam..

PELATIH
Sosok yang berusaha untuk memimpin kejayaan Afrika Selatan atau setidaknya dapat memberikan kebanggaan di hadapan publik dunia adalah Carlos Alberto Parreira. Setelah rekan senegaranya asal Brasil dipecat SAFA [Asosiasi Sepakbola Afrika Selatan], Parreira kembali lagi melatih timnas Afrika Selatan.
Sebelumnya Parreira meninggalkan posnya karena ada alasan keluarga. Dia sudah mengetahui banyak bagaimana cara bermain para pemain Bafana dan rasanya menjadi sosok yang pas untuk meningkatkan lagi performa tim ini..

PEMAIN BINTANG
Benni McCarthy (Blackburn Rovers)
Modal penting di barisan terdepan. Striker Blackburn Rovers dan pemegang predikat pencetak gol terbanyak sepanjang masa dengan 50 gol yang telah dikoleksi, akan dapat menjadi ancaman serius..
Steven Pienaar (Everton)

Pemain gelandang sarat bakat ini belum lama terpilih sebagai pemain terbaik Afrika Selatan. Kehadirannya di lapangan tngah Bafana memberikan peran penting. Berbekal kecepatan umpan yang diberikan Pienaar rasanya akan memberi kemudahan buat Afrika Selatan..
Bernard Parker (FC Twente)
Sejak penampilannya debutnya, Parker telah memperlihatkan performa yang konsisten, baik dalam mencetak gol maupun menjadi salah satu pemain penting buat timnya..

MOMEN TERBAIK
Meraih kemenangan di pentas Piala Afrika 1996 ketika Afrika Selatan menjadi tuan rumah turnamen. Mengalahkan Ghana 3-0 lebih dulu di semi-final kemudian dilanjutkan dengan mengalahkan tim tangguh Tunisia 2-0 di partai puncak. Momentum penting lainnya juga terjadi ketika untuk kali pertama mereka mengamakan satu tiket menuju Piala Dunia 1998 di Prancis..

DI LUAR LAPANGAN
Terkenal dengan: Kemenangan mereka di lapangan dalam olahraga rugby dan cricket. Afrika Selatan baru-baru ini menjadi juara Piala Dunia rugby serta tim nasional cricket mereka kini berada di peringkat teratas di dunia. Selain itu juga, keberagaman budaya dengan digunakannya sebelas bahasa resmi namun tetap memiliki satu lagu kebangsaan. Patut disukai adalah nyanyian dan tarian cara mereka memberikan sokongan, dan tentunya semua itu didukung dengan vuvuzela — semacam alat tiup yang sempat mengundang protes.
0 Komentar untuk "PROFIL AFRIKA SELATAN (TUAN RUMAH)"

Back To Top