MUSIC-WALLPAPPER

Google Search

Loading

Percobaan Schmitt Trigger Op-Amp 741

Percobaan Schmitt Trigger (Pemicu Schmitt) Op-Amp 741


Tujuan
1) Mengenal sifat-sifat Op-Amp
2) Mempelajari kegunaan Op-Amp
3) Membuat rangkaian pemicu schmiit dengan Op-Amp

Alat-alat Percobaan
1) Papan rangkaian (breadboard) atau pcb berlubang
2) Komponen ( 2 Resistor 10 k ohm, ic 741, Potensiometer 10 k atau 25 k)
3) Oscilloscope
4) Catu daya ganda
5) Kabel-kabel penghubung
6) Audio Generator

Dasar Teori
Penguat operasional (Op-Amp) merupakan penguat diferensial dengan dua masukan dan satu keluaran yang mempunyai penguat tegangan sangat tinggi dalam orde 10 kali. Sekarang banyak tersedia Op-Amp dalam bentuk IC. Bahkan dalam satu IC ada yang memuat 4 (empat) buah Op-Amp. Op-Amp dipakai dalam bidang elektrnik seperti audio, stabilisator tegangan DC, tapis, DAC, ADC, kendali otomatis, generator pulsa, pengolah isyarat, dan sebagainya. Pada umumnya Op-Amp menggunakan catu daya ganda (positif dan negatif). Tetapi telah tersedia Op-Amp dengan catu daya tunggal. Simbol Op-Amp adalah sebagai berikut :



Secara teoritis setiap Op-Amp memiliki sifat ideal. Tetapi dalam kenyataanya sifat ideal tersebut tidak terpenuhi.
Dengan memilih salah satu jenis Op-Amp yang terkenal yaitu , kedua sifat tadi dapat dibandingkan sebagai berikut :
No Hal yang dibandingkan Sifat ideal Sifat nyata
1 Impedansi masukan Tak hingga 2 Mohm
2 Impedansi keluaran Nol 75 ohm
3 Penguat tegangan Tak hingga 200.000 ohm
4 Lebar pita Tak hingga 1 MHz
5 Watak terhadap suhu Tak hingga Berubah


Sifat-sifat lain yang menunjukkan keterbatasannya antara lain Output Voltage Swing yakni keluaran maksimumdari puncak ke puncak tanpa cacat berharga sekitar 50 % - 80 % dari tegangan catunya (Vcc) terhadap tanah. Input Common Mode Voltage Swing yakni tegangan maksimum yang dapat dimasukkan melalui masukkan Op-Amp tanpa merusaknya sebesar Vcc-nya, tetapi pada umumnya hanya 30 % - 50 % di bawah Vcc –nya. Input Offset Current yaitu arus yang harus dimasukkan melalui kedua masukkannya agar keluarannya 0 volt. Beda kedua arus masukkanya sekitar 10 nA – 60 nA. Input Offset Voltage ialah beda tegangan yang harus dipasang pada kedua masukkannya supaya keluarannya 0 volt, harganya sebesar 1 mV – 4 mV. Salah satu cara sederhana untuk merangkai Op-Amp dalam fungsinya sebagai pemicu schmiit adalah sebagai berikut :



Langkah-langkah Percobaan
Untuk persiapan praktikum dengan menggunakan Op-Amp 741 sebagai rangkaian rangkaian pemacu schmiit, maka laksanakanlah langkah-langkah berikut dengan sebaik-baiknya :
1. Sebelum kita membuat rangkaian pemacu schmiit, kita harus terlebih dahulu mempersiapkan catu daya ganda. Berikut ada gambar rangkaian catu daya ganda yang biasa digunakan pada suatu praktikum :


2. Untuk selanjutnya anda bisa merangkai catu daya ganda (Dual Voltage Power Supply) seperti pada gambar di atas.
3. Setelah itu persiapkan alat-alat lainnya seperti osciloscop, kabel-kabel penghubung, rangkaian pemacu schmiit.
4. Pada praktikum ini, kita dituntut untuk membuktikan fungsi dari Op-Amp 741 dalam fungsinya sebagai pemacu schmiit. Hal ini dapat dilihat pada osciloskop bahwa semua gelombang atau sinyal keluaran dari pemacu schmiit (VOut put) akan berubah menjadi gelombang yang berbentuk persegi.
5. Setelah semua peralatan siap, kita mulai dengan menghubungkan catu daya ganda dengan rangkaian pemacu schmiit. Dan untuk menampilkan tampilan gelombang pada oscilloscope kita masih memerlukan audio generator.
6. Selanjutnya kita rangkai semua alat dan rangkaiannya. Seperti Gambar di bawah ini :

7. Berikut ini gambar rangkaian yang sebenarnya

8. Setelah semua terpasang dengan benar amati monitor pada oscilloscope.

Analisis data dan pembahasan
Berikut tampilan yang terdapat pada oscilloscope jika praktikum tersebut tepat.
a) Disini terlihat jelas bahwa setiap jenis gelombang yang melalui pemacu schmiit, keluaran gelombang tersebut akan berbentuk persegi (kotak).


b) Berikut untuk jenis-jenis gelombang lain semua keluaran gelombang yang dihasilkan oleh rangkaian pemicu schmiit berbentuk persegi (kotak).


Kesimpulan
Setelah kita melakukan praktikum di atas maka dapat disimpulkan bahwa Trigger Schmit merupakan komperator regeneratif yang berfungsi sebagai pembanding dengan umpan balik positif. Untuk mengubah tegangan masuk yang perubahannya sangat lambat kedalam keluaran yang berubah tajam bentuk gelombangnya (hampir tiodak kontinu) dan timbul tepat pada harga tertentu dari tegangan masuk diperlukan rangkaian pemicu schmit dimana sinyal masuk dapat
diambil sembarang selama bentuk gelombangnya peroidi dengan amplitudo cukup besar untuk melewati titik perpindahan atau batas jangkauan histerissis (VH) sehingga menhasilkan keluaran gelombang persegi
Daftar Pustaka
0 Komentar untuk "Percobaan Schmitt Trigger Op-Amp 741"

Back To Top